DAPIL 1 BONE : TANETE RIATTANG TIMUR, TANETE RIATTANG BARAT, TANETE RIATTANG, DAN PALAKKA
twitter facebook rss

,

Elektalibilitas Hanura Semakin Meningkat

Lembaga Survei Jakarta (LSJ) pada Selasa, 19 Februari 2013 merilis sebuah survei terbaru tentang elektabilitas 10 partai politik peserta pemilu 2014. Survei tersebut dilaksanakan pada periode 9 – 15 Februari 2013 kemarin di 33 provinsi dengan total sample sebanyak 1225 dengan margin of error +/- 2.8% dan level of confidence 95%.
Berdasarkan temuan LSJ, kepercayaan publik terhadap partai politik terus mengalami kemerosotan, apalagi mengingat fakta banyaknya partai besar yang tersangkut skandal korupsi baru-baru ini dan juga rusuh internal yang mengguncang partai. Situasi seperti ini disebut pengamat politik Fadjroel Rachman sebagai “gempa politik” yang berpotensi meruntuhkan elektabilitas sejumlah partai besar pada pemilu 2009 lalu.
Menariknya, akibat kemerosotan kepercayaan publik pada partai politik, maka banyak suara masyarakat beralih ke partai yang menduduki posisi terakhir pada pemilu lalu, salah satunya ke Partai Hanura. Data yang dirilis LSJ menyebutkan sebanyak 5.8% responden memilih Partai Hanura, dan jumlah tersebut membuat elektabilitas Partai Hanura berada di posisi 5 dari total 10 partai peserta pemilu 2014.
Menurut Sekjen AROPI (Asosiasi Riset Opini Publik Indonesia), Umar S. Bakry, sikap dingin yang ditunjukkan jajaran Partai Hanura tentang hengkangnya Akbar Faizal membuat publik masih merasa optimis akan masa depan Partai Hanura, bahkan membuat elektabilitas Partai Hanura terus naik secara perlahan. “Karena sikap Partai Hanura yang tidak kebakaran jenggot, hal ini membuat Partai Hanura tidak menghebohkan publik, dan keluarnya Akbar Faizal tidak berpengaruh sama sekali terhadap elektabilitas Partai Hanura.”
Di lain pihak, Fadjoel Rachman juga mengungkapkan optimismenya akan kenaikan elektabilitas Partai Hanura pada survei-survei berikutnya pasca bergabungnya Hary Tanoesoedibjo ke dalam kepengurusan partai.
LSJ juga mengungkapkan hasil survei tentang elektabilitas calon presiden pada pemilu nanti. Hasilnya, Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, berada di posisi ke-3 dengan perolehan 9.8% bersaing ketat dengan Prabowo Subianto yang berhasil meraih simpati dengan 10.9% dan Joko Widodo yang unggul di tempat pertama dengan 18.1%.

0 komentar

Tulis Komentar Anda


Latest Posts

Sponsored By

JANGAN DITIRU DI RUMAH YA . . .!!!

Our Sponsors

ANDI MAPPAKAYA MENYAPA ANDA

 ANDI MAPPAKAYA