DAPIL 1 BONE : TANETE RIATTANG TIMUR, TANETE RIATTANG BARAT, TANETE RIATTANG, DAN PALAKKA
twitter facebook rss

,

KKPSPI: Wiranto Posisi Pertama Capres Berdasarkan Nilai Integritas

Publik masih menilai sosok dari kalangan militer sebagai calon yang tepat untuk memimpin bangsa ini pada Pemilu 2014. Hal ini terungkap dari hasil survei yang dilakukan oleh Kelompok Kajian Pembangunan Sosial Politik Indonesia (KKPSPI) yang dilakukan baru-baru ini. Survei yang dilakukan dengan menggandeng Universitas Indonesia tersebut digelar di 7 provinsi, yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.
Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan terhadap 1.400 mahasiswa perguruan tinggi tersebut didapatkan hasil bahwa Wiranto mendapat tingkat keterpilihan tertinggi sebesar 73,8% dibandingkan dengan 2 sosok lain yang juga memiliki kendaraan politik, yaitu Prabowo Subianto (Gerindra) 65,8% dan Endriartono Sutarto (NasDem) 67,1%.
Sekretaris KKPSPI, Nayawan Persada mengungkapkan bahwa survei yang dilaksanakan itu menggunakan lima indikator, yakni Integrity, Capability, Leadership, Track Record, Rule of Law yang bertujuan untuk mengukur kualitas capres secara keseluruhan. Dari lima indikator tersebut, Wiranto unggul dalam hal Integrity, yakni sebesar 16,6% jika dibandingkan dari 10 nama militer yang menjadi objek kajian.
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai bahwa berdasarkan fakta tersebut, hanya 2 sosok yang tampaknya akan bersaing ketat di Pemilu 2014, yaitu Wiranto dan Prabowo, karena Endriartono dinilai masih perlu dipertanyakan daya tawarnya di partai pimpinan Surya Paloh.
Secara keseluruhan, banyak kalangan menilai bahwa tingginya antusiasme masyarakat terhadap sosok purnawirawan TNI disebabkan oleh sifat kepemimpinan SBY yang dinilai ragu-ragu dan lamban. Itu sebabnya masyarakat merasa butuh pemimpin yang tegas dan berani mengambil keputusan dengan cepat. Dan kalangan militer, khususnya yang bertugas langsung di lapangan, dianggap sebagai jawaban dari pencarian masyarakat tersebut.
Dengan asumsi demikian maka prediksi yang bilang bahwa akan terjadi ‘perang bintang’ pada bursa capres 2014 sepertinya akan terbukti benar. Masalahnya sekarang tinggal menyerahkan keputusan kepada rakyat, dan berharap agar pemimpin yang sudah terbukti benar dan memiliki pengalaman yang akan terpilih menjadi presiden Indonesia selanjutnya

0 komentar

Tulis Komentar Anda


Latest Posts

Sponsored By

JANGAN DITIRU DI RUMAH YA . . .!!!

Our Sponsors

ANDI MAPPAKAYA MENYAPA ANDA

 ANDI MAPPAKAYA